<![CDATA[IAI Hamzanwdi NW Lombok Timur - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data]]>Thu, 13 Aug 2020 11:57:23 +0700Weebly<![CDATA[Panduan Singkat Pembuatan Akun SISTER Ristekdikti [update]]]>Wed, 27 Nov 2019 08:11:24 GMThttp://iaihnw-lotim.ac.id/pusat-teknologi-informasi-dan-pangkalan-data/panduan-singkat-pembuatan-akun-sister-ristekdikti-updatePicture

​  SISTER Ristekdikti merupakan akronim dari Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi yang dikembangkan oleh Kementerian RISTEKDIKTI Republik Indonesia.
   Setiap dosen memiliki berbagai informasi terkait dengan aktivitas tridarma, mulai dari latar belakang pendidikan, aktivitas pengajaran, aktivitas penelitian, aktivitas pengabdian kepada masyarakat, dan aktivitas pendukung. Seringkali data-data formal terkait aktivitas-aktivitas tersebut masih tercecer dan sulit ditemukan ketika dibutuhkan. Melalui SISTER, setiap dosen dapat membangun portofolio yang mengkompilasikan seluruh aktivitas tridarma yang pernah dilakukannya.


​Panduan singkat untuk pembuatan akun SISTER Ristekdikti dapat diunduh dari tautan berikut ini.


​bit.ly/Panduan_Sister


]]>
<![CDATA[cARA DAFTAR SINTA RISTEKDIKTI]]>Mon, 25 Nov 2019 17:00:00 GMThttp://iaihnw-lotim.ac.id/pusat-teknologi-informasi-dan-pangkalan-data/cara-daftar-sinta-ristekdiktiPicture
Apakah itu SINTA?
Berdasarkan pengertian yang ada di laman ristekdikti, bahwa SINTA (Science and Technology Index) merupakan portal yang berisi tentang pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang meliputi antara lain kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi Iptek.
Sinta sudah mengarah ke portal pengindeks global (Internasional) semisal Scopus yang sudah memiliki fitur yang lebih lengkap karena sudah dilengkapi dengan beberapa fitur seperti: Citation, Networking, Research dan Score.
Pada bagian Citation menampilkan h-index dalam kurun waktu pertahun untuk Google Scholar dan Scopus. Sedangkan pada bagian networking, Anda dapat mengetahui networking dengan peneliti lain yang pernah mengadakan kerjasama dengan Anda.
Pada bagian Research Output berisi mengenai artikel jurnal, buku dan artikel seminar yang telah Anda hasilkan. Sedangkan pada bagian Score, Anda dapat melihat indeks di Scopus, Google Scholar dan InaSTI.

Keunggulan SINTA
Keunggulan utama SINTA dibandingkan dengan portal peng-indeks yang lain yaitu dapat secara otomatis meng-indeks hasil karya yang telah ter-indeks di Google Scholar, Scopus, InaSTI dan Indonesian Publication Index (IPI)

Siapa saja yang dapat mendaftar?
SINTA dibuat guna mewadahi hasil penelitian yang sudah dipublikasikan secara online. Sehingga orang yang dapat berkontribusi di Portal SINTA adalah para peneliti dan dosen. Dosen juga dianggap sebagai peneliti karena disamping mengajar di kelas, dosen juga melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat. Sehingga kedua profesi inilah yang dapat berkontribusi dalam meningkatkan indeks publikasi jurnal ilmiah di negara kita.

Syarat dan Tata Cara Pendaftaran SINTA:
1) Memiliki Akun Email Gmail
2) Memiliki Akun Email Intstitusi (dalam subdomain iaihnw-lotim.ac.id)
3) Membuat Akun Google Scholar
4) Mendaftar Akun SINTA
5) Menunggu Verifikasi dari verifikator SINTA

Cara Pendaftaran Email Institusi Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur
Silakan menghubungi langsung ke Tim IT Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur,  Kepala Pusat Pangkalan Data (Sekretariat Fakultas Tarbiyah).

Cara Pendaftaran Google Scholar
1. Anda hanya hanya perlu login dengan akun gmail (jika belum ada bisa create akun gmail)Buka alamat http://scholar.google.com atau http://scholar.google.co.id/
2. Klik My Profile atau Profil Saya
3. Masukkan Profil Lengkap Anda
4. Aktivasi Akun Google Scholar dengan masuk ke http://webmail.iaihnw-lotim.ac.id/ 
5. Masukkan Foto Profil
6. Klik “Make Public” agar bisa dilihat oleh orang lain.

Cara Pendaftaran SINTA
1. Masukkan alamat url http://sinta2.ristekdikti.go.id/
2. Kemudian langkah selanjutnya adalah klik menu registration di menu atas
3. Kemudian langkah selanjutnya anda isi biodata :


Pilih Status :
a. Lecturer = Untuk dosen
Jika anda dosen : data anda akan disinkronkan dengan website pangkalan data forlap.dikti.go.id yang dimiliki oleh kementrian ristek dan pendidikan tinggi. dan data nama otomatis akan keluar jika, nidn sudah terhubung.
b. dan researcher = untuk peneliti
c. kemudian jangan lupa anda mengisikan nomor induk kependudukan (NIK) pada KTP anda
d. Serta alamat email yang belum pernah terdaftar di SINTA
e. Kemudian langkah selanjutnya anda dapat mengisi password serta mengkonfirmasi passwordnya
f. langkah terakhir anda masukan : 
Google Scholar URL dan Scopus Author ID (jika ada)
4. langkah Selanjutnya anda klik tombol register
5. Selannjutnya sistem akan mengirimkan email verifikasi ke email yang anda isi pada tahap
    mendaftar.
6. Buka email tersebut, klik link email activation / email verifikasi
7. Jika berhasil, anda dapat login sesuai dengan email dan password anda. dan activation
    tersebut akan di verifikasi oleh pihak dikti secara manual

8. Sekarang anda dapat melihat statistik anda baik publikasi baik ter index scopus maupun google scholar.
Selengkapnya bisa diunduh pada link: bit.ly/Register_Sinta

]]>